Kamis, 25 Oktober 2012

Pengertian dan Penjelasan SEO

Definisi dan Latar Belakang SEO.

SEO ialah singkatan dari 
Search Engine Optimization, yang dalam bahasa dapat kita diartikan sebagai optimasi mesin pencari. Definisinya kurang lebih begitu, SEO merupakan teknik ataupun langkah buat meningkatkan performansi sebuah situs agar memiliki peringkat yang tinggi/baik pada hasil pencarian mesin'pencari, sehingga bakal meningkatkan pengunjung ke situs tersebut, baik itu merupakan website statis maupun blog.

http://www.johnnyseo.com/seo_image/screen_1.gif
Untuk seorang blogger, traffic ataupun 'lalu lintas' pengunjung yang datang ke situs kita ialah salah satu pondasi penting untuk sebuah blog.
Tingkat kepentingannya juga bakal menjadi semakin tinggi kalau blog tersebut digunakan untuk media berbisnis online. Ini disebabkan karena traffic ini adalah calon-calon konsumen mereka. Jika Semakin banyak traffic, peluang buat sukses semakin terbuka lebar.

Pegguna internet sering memakai search engine buat menemukan apa yang dicarinya. Kebanyakan di antara pengguna internet hanya bakal tertarik pada 10 ataupun 20 situs pertama pada halaman 1 serta 2 dari SERP, tanpa terdapat keinginan buat melihat ribuan atau ratusan ribu, ataupun mungkin jutaan situs yang terdapat di halaman berikutnya.


Jadi, kalau blog kita muncul di halaman 1 hasil pencarian search engine bersama keyword yang kita incar, maka bakal semakin banyak traffic yang bakal datang ke blog kita. Inilah sebabnya SEO terlahir. SEO kemudian menjadi sebagai 'mata kuliah wajib' menurut para webmaster serta blogger.


SEO : Mudah atau Sulit ?


Nah.. pertanyaan yang ini sulit di jawab. Karena, mata kuliah wajib yang satu ini sepertinya makin banyak di bilang sulit daripada mudah :-( . Teknik yang di kembangkan juga beragam. SEO yang dianggap jitu oleh seorang di blogger belum tentu di pakai oleh blogger yang lain. Satu yang pasti, SEO membutuhkan keahlian, keuletan, kesabaran serta durasi buat mendapatkan hasil yang kita kehendaki. Hingga berbulan-bulan? Bisa jadi !

Sehingga pada dasarnya terdapat 2 macam SEO 

OnPage Optimization
1. ONPAGE OPTIMIZATION
Sesuai dengan nama'nya, SEO jenis ini berisi berbagai hal tentang teknik-teknik cara mengoptimalkan dengan memodifikasi faktor-faktor tertentu di dalam webpage/blog itu sendiri, misalnya :


  • Pemakaian keyword yang cerdik, termasuk penggunaan'nya dalam frase.
  • Cuma memakai keyword yang diincar pada Title.
  • Memakai symbol | pada Title.
  • Memakai Header Tag.
  • Kerapatan keyword yang cukup pada content, serta bukan keyword spamming.
  • Peletakan keyword pada awal serta akhir webpage.
  • Memamakai Alt Tag yang tepat pada image.

OffPage Optimization
2. OFFPAGE OPTIMIZATION
Offpage optimization pada dasar'nya terdiri dari faktor-faktor yang tak ada pada halaman website / blog, tetapi digunakan dalam algoritma search engine (cara berpikir mesin pencari) ketika menentukan ranking sebuah situs. Menurut Brad Callen dari Bryxen Software, faktor-faktor ini misalnya :

  • Jenis-jenis situs yang memberi link ke kita.
  • Total situs yang memberi link ke kita.
  • Page Rank situs yang memberi link.
  • Anchor text yang digunakan pada link.
  • Total serta tipe situs yang me'link ke situs yang me'link ke'situs kita tadi.

Perkembangan SEO


Saat ini, jutaan situs perang online di dunia internet ingin menjadi nomor satu di mata search engine. Tentu susah memenangkan pertarungan ini. Beberapa webmaster / blogger menerapkan teknik-teknik SEO yang natural serta halal di mata search engine. Teknik yang ini sering dikenal sebagai White Hat SEO. Lawannya.. ya Black Hat SEO. Teknik Black Hat SEO kebiasaan beresiko. Situs yang bersangkutan sering di banned oleh search engine.


Pada sisi yang lain, si search engine memakai faktor yang semakin kompleks serta selalu memperbaiki algoritma buat meningkatkan kualitas SERP milik mereka. Algoritma yang di pakai oleh setiap search engine pun tidak lah sama. Ini di karenakan, SERP masing-masing search engine dapat berbeda-beda untuk keyword yang sama. Repot ya?! Kesimpulannya, kita perlu selalu belajar banyak tentang SEO.




Source : siteberita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hallo Para Pengunjung
Silahkan Anda tinggalkan sebuah komentar. Karena komentar Anda sangat berarti buat Saya.